PROGRAM STUDI S1 INFORMATIKA

STATUS AKREDITASI

BAIK SEKALI

NOMOR SK

075/SK/LAM-INFOKOM/AK/S/VIII/2023

PROFILE

Program Studi S1 Informatika merupakan salah Program Studi dilingkup Fakultas Komputer Universitas Mitra Indonesia, yang sebelumnya berada dibawah STMIK Mitra Lampung yang berdiri sejak tahun 2001 berdasarkan SK Kemendikbud RI nomor 32/D/O/2001 yang kemudian pada bulan Juni Tahun 2018 STMIK Mitra Lampung bergabung dengan STIKES Mitra Lampung, AMIK Mitra Lampung, A2M Mitra Lampung berubah bentuk menjadi Universitas Mitra Indonesia yang berada dibawah naungan Yayasan Mitra Lampung berdasarkan SK Kemenristek Dikti RI nomor 518/KPT/I/2018. Selanjutnya Program Studi S1 Informatika berada dibawah pengelolaan Fakultas Komputer Universitas Mitra Indonesia yang bertujuan untuk menciptakan sumber daya unggul dalam penerapan IPTEK di bidang Informatika yang berjiwa teknopreneur serta didasari oleh kemitraan dan turut berpartisipasi dalam mencerdaskan masyarakat Indonesia.

KOMPETENSI

Sikap (S) :

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. Dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pendidikan Pancasila;
  4. Dapat berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  5. Dapat menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Dapat bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Penguasaan Pengetahuan (P) :

  1. Menguasai konsep teoritis di bidang Informatika, khususnya di bidang teori komputasi, jaringan komputer, teknologi web, teknologi mobile, sistem informasi, dan basis data;
  2. Memiliki pengetahuan yang memadai terkait dengan cara kerja sistem komputer dan mampu merancang dan mengembangkan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah;
  3. Mempunyai pengetahuan dalam mengembangkan algoritma/metode yang diimplementasikan dalam perangkat lunak berbasis komputer;
  4. Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni meliputi matematika dan statistika, algoritma dan pemrograman, rekayasa perangkat lunak, sistem cerdas serta arsitektur komputer dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.

Keterampilan Khusus (KK) :

  1. Mampu secara kreatif dan inovatif memformulasikan pemecahan masalah dengan memanfaatkan teknik komputasi dan teknologi informasi berbasis konsep-konsep yang relevan dan dengan memanfaatkan tool pemodelan yang tepat;
  2. Mampu membangun program komputer untuk mengimplementasikan pemecahan masalah, dan dengan memanfaatkan framework atau teknologi informasi yang terkini;
  3. Mampu bekerja sama dalam tim pembangunan perangkat lunak atau sistem informasi skala menengah/besar dengan menerapkan/mengadopsi konsep rekayasa perangkat lunak atau sistem informasi yang tepat/sesuai;
  4. Mampu mengidentifikasi, menganalisa, dan membuat formulasi serta menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan teknologi informasi;
  5. Mampu membuat dan mengembangkan aplikasi menggunakan desktop programming, web-based, dan mobile programming;
  6. Mampu memberikan solusi atas permasalahan sistem dengan jelas pada bidang yang dihadapi;
  7. Mempunyai kemampuan berpikir kritis menggunakan logika dan analisa untuk melakukan solusi yang tepat;
  8. Mampu menganalisis, mendesain, membangun, dan mengkonfigurasi jaringan komputer termasuk sistem keamanan serta merekomendasikan perangkat keras maupun perangkat lunak;
  9. Mampu menerapkan model kewirausahaan, menjalin kemitraan, dan menciptakan lapangan pekerjaan di bidang komputer dan teknologi informasi.

Keterampilan Umum (KU) :

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni, serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiarisme.
  10. Mempunyai kemampuan dalam mendefinisikan kebutuhan pengguna atau pasar terhadap kinerja (menganalisis, mengevaluasi, dan mengembangkan) algoritma/metode berbasis komputer.
  11. Memiliki kemampuan (pengelolaan) manajerial tim dan kerja sama (teamwork), manajemen diri, dan mampu mengkomunikasikan ide/gagasan/pemikiran di bidang informatika, baik lisan maupun tertulis.

PEMINATAN

  1. Perekayasa Jaringan Komputer (Computer Network Engineer)
  2. Perekayasa Perangkat Lunak (Software Engineer/Developer)
  3. Wirausahawan Berbasis Teknologi (Technopreneur)

PROGRAM KELAS

Program Kelas Reguler Pagi :

  • Senin sd Jumat 08.00 Wib sd 16.00 Wib

Program Kelas Reguler Sore :

  • Senin sd Jumat 17.00 Wib sd 22.00 Wib

Visi

Pada Menjadi Program Studi unggulan dalam penerapan IPTEK di bidang Informatika yang berjiwa teknopreneur serta didasari oleh kemitraan pada Tahun 2039.

Misi

Rumusan misi Program Studi S-1 Informatika yang diturunkan dari misi lembaga. Untuk mencapai visi, maka diperlukan strategi pencapaian berupa misi. Adapaun misi Program Studi S-1 Informatika ada empat yaitu :

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas, dan memenuhi standar Nasional maupun Internasional.
  2. Melaksanakan Penelitian yang inovatif, bermutu, dan bermanfaat.
  3. Meningkatkan pemanfaatan IPTEK untuk masyarakat.
  4. Menjalin kemitraan dengan berbagai Lembaga, baik di Dalam Negeri maupun di Luar Negeri.

KEUNGGULAN

KURIKULUM (KRS)

STAFF DOSEN

NIDN/NIDK NAMA GELAR EMAIL PUBLIKASI
0230106901 Ahmad Ikhwan M.TI ikhwan69@umitra.ac.id
0219088502 Eva Itma Anna S.Kom.,M.T.I evaitmaanna@umitra.ac.id
0207099102 Hamdan Sukri S.Kom.,M.T.I
0230088401 Khozainuz Zuhri S.T.,M.Eng khozainuz.zuhri@umitra.ac.id
0217017203 Romi Hendri S.Kom.,M.Kom romihendri.tanjung@umitra.ac.id
0223067702 Yodhi Yuniarthe Dr. S.T.,M.Kom yodhi@umitra.ac.id